• 34Âșc, Sunny

Kapolres Oku Pimpin Langsung Pengamanan Unjuk Rasa Karyawan Pt. Minanga Ogan Baturaja

POLRES LUBUK LINGGAU
2020-09-04 07:37:58 Dibaca (59)

Tribratanewspoldasumsel.com - Lebih kurang 1000 Karyawan Pt. Minanga Ogan mendatangi Gedung DPRD OKU untuk melakukan aksi unjuk rasa dengan menuntut gaji yang belum dibayarkan oleh Managemen PTP Minanga Ogan.

 

Dalam kegiatan aksi unjuk rasa tersebut, Kapolres Oku Akbp Arif Hidayat Ritonga, S.I.K., M.H., secara langsung memimpin Pengamanan Personel Gabungan. Kamis (03/09/2020) Sekira Pukul. 07.00 Wib bertempat di Halaman Gedung DPRD OKU.

 

Kemudian sekira Pukul. 07.00 Wib bertempat di Pt. Minanga Ogan, rombongan unjuk rasa melakukan pergeseran menuju Gedung DPRD OKU dengan dikawal oleh Personel Polsek Lubuk Batang dan Satuan Lalu Lintas Polres Oku.

 

Setibanya di Halaman Gedung DPRD OKU, rombongan disambut oleh Kapolres Oku bersama Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Kab.OKU bersama Kompol Edy Rahmat,SIK,MH (Wakapolres OKU), Kompol M.Ginting (Kabag OPS Polres OKU) Agus Salim,S.Sos,M.Si (Kasat Pol PP Kab.OKU), AKP M.Yunus (Kasat Intel Polres OKU), AKP Indra Kusuma (Kasat Sabhara Polres OKU), , AKP Betty (Kasat Lantas Polres OKU), M.Monang Surya Dinata (Kabag Tapem Setda Kab.OKU), Yusdi Simbolon (GM Operation PTP Minanga Ogan), Para Kapolsek jajaran, Emharis (Camat Semidang Aji), Kapten Inf Surasa (Pasi Intel Kodim 0403/OKU), Babinsa dam Bhabinkamtibmas.

 

dihadiri antara lain : Drs.H.Kuryana Azis (Bupati OKU), AKBP Arif Hidàyat Ritonga,SIK,MH (Kapolres OKU), Drs.Slamet Riyadi,M.Si (Asisten Bidang Pemerintahan Setsa OKU), AKP Edy Rahmat,SIK,MH (Wakapolres OKU), Agus Salim,S.Sos,M.Si (Kasat Pol PP Kab.OKU), AKP M.Yunus (Kasat Intel Polres OKU), AKP Indra Kusuma (Kasat Sabhara Polres OKU), Kompol M.Ginting (Kabag OPS Polres OKU), AKP Betty (Kasat Lantas Polres OKU), M.Monang Surya Dinata (Kabag Tapem Setda Kab.OKU),

 

Yusdi Simbolon (GM Operation PTP Minanga Ogan), Para Kapolsek, Emharis (Camat Semidang Aji), Kapten Inf Surasa (Pasi Intel Kodim 0403/OKU), Babinsa dam Bhabinkamtibmas.

 

Massa kurang lebih 1.000 Orang Dengan Petugas Koordinator Aksi  bapak Studin (Karyawan) Tanjimi (Karyawan PTP Minanga Ogan) bersama Koordinator Lapangan Erlan Nofery (ketua serikat pekerja PTP Minanga Ogan), Andi (Sekretaris SPTP Minanga Ogan), Para Ketua Lini Afdeling dan Pihak Keamanan TNI POLRI dan Satuan Pol PP Kab.OKU.

 

Adapun tuntutan peserta Unjuk Rasa yaitu Menuntut Pembayaran Upah + THR 50% (Upah 3 Bulan + THR 50%), kemudian menuntut Tunjungan Uang Transformasi dan BBM, Tunjungan Token Listrik Bagi yang tinggal diperumahan. Yang belum dibayarkan selama 3 tahun lebih.

 

Selanjutnya Tunjangan BPJS Kesehatan, BPJS Ketenaga Kerjaan dan Jamsostek, Uang Pensiunan 70 orang ( Terdiri dari 64 orang pensiun normal dan 6 orang meninggal dunia), Mohon Kembalikan Uang Koperasi Para Karyawan.

 

Setelah mendengar tuntutan peserta unjuk rasa, Drs.Slamet Riyadi M.Si Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Kab.OKU mengatakan Tuntutan Akan disampaikan kepada Bupati Oku dan Bupati OKU akan segera hadir disini.

 

Kemudian Plh. Sekretaris DPRD Kab.OKU Rustam Alfani, SE,MM juga menyampaikan bahwa Seluruh anggota DPRD Kab.OKU saat ini sedang bertugas diluar kota dan sedang dalam perjalanan menuju kota Baturaja. Untuk itu Selaku perwakilan sekretariat DPRD apa yang menjadi tuntutan massa akan kami sampaikan nantinya ke Ketua DPRD Kab.OKU.

 

Sembari menunggu kedatangan Bupati Oku, Personel Polres Oku membagikan Air Mineral kepada peserta Demo baik para orang tua, ibu-ibu serta anak-anak yang juga ikut datang.

 

Bupati Oku Drs.H.Kuryana Azis kemudian tiba dan langsung menemui peserta Demo, beliau menyampaikan bahwa Pemerintah Kab.OKU, Kapolres OKU, Dandim 0403 /OKU dan Kajari OKU sudah tau permasahalan yang ada di PTP Minanga Ogan.

 

Kami juga sudah membicarakan permasalahan ini kepada Pihak Direksi PTP Minanga Ogan melalui virtual.

 

Hasil Rapat telah dituangkan dalam sebuah kesepakatan yang diantaranya untuk menutup Hutang, Direksi PTP Minanga Ogan sudah memberikan kebijaksanaan kepada Yusdi Simbolon (GM Operation PTP Minanga Ogan) untuk mengelola sepenuhnya PTP Minanga Ogan.

 

Hasil produksi TBS akan dijual ke pihak ke 3 dan hasil penjualannya akan digunakan untuk membayar gaji karyawan dan staff yang tertunggak serta untuk membayar operasional kebun

 

Mengenai teknis pembagian hasil akan diatur oleh GM PTP Minanga Ogan Para Serikat Pekerjaan dan SPTP Minanga Ogan dan kiranya semua karyawan dapat mengikuti kesepakatan yang telah dibuat kebijakan ini tentunya sangat bagus untuk menjalankan kembali PTP Minanga Ogan.

 

Pihak GM Operation PTP Minanga Ogan akan terus berupaya terus untuk melakukan Pinjaman ke Pihak ke 3 Namun dalam peminjaman tentunya sangat diperlukan proses.

 

Dalam melakukan pemanenan pihak POLRES dan KODIM 0403 / OKU akan mengawal. Inilah usaha dari Pemkab.OKU untuk membantu para Karyawan PTP Minanga Ogan, jika karyawan tidak cocok dengan kesepakatan maka dipersilahkan untuk menempuh jalur hukum

 

“Kapolres Oku AKBP Arif Hidàyat Ritonga,SIK,MH juga menyampaikan bahwa opsi terbaik telah kita dapatkan yaitu menghubungi pihak GM Mitra Ogan untuk kepastian Dana Pinjaman dan kita harus berpikir jernih menunggu hasil ini selama 3 hari.

 

Bahwa pihak PT. Sutomo agrindo bersedia menampung hasil Produksi serta langsung memberikan gaji untuk itu mari kita melakukan panen sambil menunggu proses perkembangan pada PTP Mitra Ogan

 

kiranya para karyawan PTP Minanga Ogan bisa bekerja sama dengan Polres OKU untuk menjaga Kondusifitas dan kamtibmas di Kab.OKU menjelang Pilkada Tahun 2020.

 

Selanjutnya Massa Membubarkan diri dengan tertib Pukul 11.25 WIB Dilanjutkan rapat intern oleh Pihak DPRD dan Persatuan Serikat PTP Minanga Ogan yang dilaksanakan di ruang BANMUS DPRD Kab.OKU.

Bantuan Polisi

Survey

Bagaimana Pelayanan Kepolisian Daerah Sumsel ? ...
Sangat Puas
Puas
     Lihat hasil poling