Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Musi 2024: Polda Sumsel Siapkan 10.000 Personel untuk Pengamanan Pilkada

Palembang, 22 Agustus 2024 – Polda Sumsel telah resmi memulai Operasi Mantap Praja Musi 2024 dengan menggelar apel gelar pasukan pada Kamis pagi, 22 Agustus 2024. Bertempat di Lapangan Shooting Range Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, acara ini menjadi tanda kesiapan Polda Sumsel dalam mengamankan Pilkada serentak yang akan digelar di Provinsi Sumatera Selatan.

 

**Kapolda Sumsel Irjen Pol. A Rachmad Wibowo, S.I.K** memimpin langsung apel gelar pasukan tersebut. Dalam konferensi pers yang menyusul, Kapolda menjelaskan bahwa Operasi Mantap Praja Musi 2024 adalah upaya strategis untuk memastikan keamanan dan kelancaran pemilihan umum daerah yang meliputi pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur, Walikota/Wakil Walikota, serta Bupati/Wakil Bupati di wilayah Sumsel.

 

**Kapolda Sumsel menyampaikan** bahwa Polda Sumsel menurunkan 1.500 personel, sementara jajaran Polres dan Polrestabes mengerahkan 8.500 personel. Operasi ini direncanakan berlangsung hingga 31 Desember 2024, dengan kemungkinan perpanjangan jika situasi memerlukan. “Kesiapan dan koordinasi yang baik antara berbagai instansi sangat penting untuk memastikan Pilkada berjalan aman dan lancar,” ujar Kapolda.

 

Acara ini dihadiri oleh berbagai pejabat penting, antara lain Irwasda Polda Sumsel Kombes Pol. Feri Handoko Soenarso, SH, SIK, serta para PJU Polda Sumsel, Kapolrestabes Palembang, Kapolres Banyuasin, Kapolres Ogan Ilir, dan Kapolres OKI. Selain itu, undangan eksternal yang hadir termasuk perwakilan dari FKPD, seperti Pj. Gubernur Sumsel, Ketua DPRD Provinsi Sumsel, Pangdam II/Sriwijaya, serta berbagai kepala instansi terkait lainnya.

 

**Susunan acara dalam apel tersebut** dimulai dengan penghormatan pasukan kepada pimpinan apel, dilanjutkan dengan laporan komandan apel, penyematan tanda operasi, amanat pimpinan apel, dan doa. Setelah itu, acara ditutup dengan laporan komandan apel dan penghormatan pasukan. Pimpinan apel kemudian meninggalkan lapangan upacara.

 

Sebagai acara tambahan, dilakukan simulasi sistem pengamanan kota (Sispamkota) oleh Polrestabes Palembang, yang bertujuan untuk mempraktikkan strategi pengamanan dan koordinasi antar lembaga dalam menghadapi berbagai kemungkinan situasi selama Pilkada.

 

**Kapolda Sumsel mengharapkan** bahwa dengan adanya apel gelar pasukan ini, seluruh elemen yang terlibat dapat bekerja secara optimal dan bersinergi dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama proses Pilkada. "Kami berkomitmen untuk memberikan pengamanan terbaik demi menciptakan suasana Pilkada yang damai dan aman bagi seluruh masyarakat," tegasnya.

 

Bila ada permasalahan dan butuh bantuan Polisi silahkan hubungi :

 

NO BANTUAN POLISI, WA *081370002110*

 

"KAMI SIAP MELAYANI 24 JAM"

Administrator
444 0
Get In Touch

Jl. Jend. Sudirman No.KM.4, RW.5, Pahlawan, Kec. Kemuning, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30151

081370002110

admin@humassumsel@gmail.com

Follow Us
Berita Foto

© TRIBRATANEWS POLDA SUMSEL. All Rights Reserved.