Kabid Humas Hadiri Kongres AJI XII Dimulai dengan Indonesia Fact Checking Summit dan Press Freedom Conference di Palembang

Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Sunarto hadir dalam Indonesia Fact Checking Summit dan Press Freedom Conference yang menjadi pembuka Kongres AJI ke-12 di Palembang, Sumatera Selatan. Kongres ini berlangsung mulai 3 hingga 5 Mei 2024 di The Zuri Hotel, Jalan Radial Palembang.

 

Indonesia Fact Checking Summit (IFCS) merupakan forum nasional yang membahas tren gangguan informasi, kecerdasan buatan, dan ekosistem media selama Pemilu 2024. Sementara itu, Press Freedom Conference (PFC) menghadirkan jaringan organisasi jurnalis di Asia Tenggara untuk membahas kaitan antara krisis iklim, demokrasi, dan kebebasan Pers.

 

Ketua Umum AJI Indonesia, Sasmito, menyatakan bahwa kedua kegiatan ini menjadi momentum bagi jurnalis di Indonesia dan regional untuk mempererat solidaritas di tengah ancaman internal dan eksternal. Dalam lima tahun terakhir, jurnalis dan media independen dihadapkan pada disinformasi, perkembangan kecerdasan buatan, polarisasi, dan krisis iklim.

 

AJI berperan dalam menyatukan kolaborasi dengan komunitas pers di regional dan masyarakat sipil lainnya untuk melindungi kebebasan pers demi menjaga demokrasi. Kongres ini diikuti oleh sekitar 300 peserta dari berbagai latar belakang, termasuk jurnalis, pers mahasiswa, akademisi, pengelola media, NGO, dan kedutaan sejumlah negara.

 

Ketua AJI Palembang, M Fajar Wiko, menekankan bahwa Kongres AJI XII di Palembang seharusnya menjadi pemicu perkembangan jurnalisme yang lebih baik, terutama di tingkat nasional dan lokal. Sumsel yang berada di peringkat lima terbawah dalam Indeks Kebebasan Pers (IKP) Dewan Pers membutuhkan kolaborasi semua pihak untuk memperbaiki situasi pers.

 

Kongres ini diharapkan memberikan dampak positif bagi perkembangan pers di Sumsel secara signifikan. Informasi lebih lanjut mengenai agenda IFCS dan PFC dapat diakses melalui website www.kongres12aji.com. Kedua kegiatan akan disiarkan secara online di Youtube AJI Indonesia.

 

Bila ada permasalahan dan butuh bantuan Polisi silahkan hubungi :

 

NO BANTUAN POLISI, WA *081370002110*

 

"KAMI SIAP MELAYANI 24 JAM"

Administrator
230 0
Get In Touch

Jl. Jend. Sudirman No.KM.4, RW.5, Pahlawan, Kec. Kemuning, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30151

081370002110

admin@humassumsel@gmail.com

Follow Us
Berita Foto

© TRIBRATANEWS POLDA SUMSEL. All Rights Reserved.