Gagalkan Penyelundupan: Polda Sumsel Sita 170 Ribu Ekor Benih Lobster di Banyuasin

Palembang, -- Subdit IV Tipidter Ditreskrimsus Polda Sumsel berhasil menggagalkan upaya penyelundupan benih bening lobster (BBL) keluar negeri melalui Kabupaten Banyuasin, tepatnya di Jalan Tanjung Api api, Desa Karang Anyar, Kecamatan Muara Telang, Banyuasin pada Selasa (14/5/2024).

 

Petugas menyita 170 ribu ekor benih lobster yang dikemas dalam 16 box styrofoam. Benih lobster ini berasal dari provinsi Bengkulu dan diangkut dengan mobil carry pick up. Selain menyita barang bukti, polisi juga berhasil mengamankan dua orang tersangka, yakni Rofi Okta Saputra (22) dan Bangkit Okta Jaya (28), warga Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu.

 

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Sumsel, Kombes Pol Bagus Suropratomo, melalui Kasubdit IV Tipidter AKBP Bagus Suryo Wibowo, menyatakan bahwa pihaknya menggagalkan penyelundupan benih bening lobster keluar negeri melalui jalur Banyuasin berdasarkan informasi dari masyarakat. Petugas langsung melakukan penyelidikan dengan mendatangi tempat yang akan dilintasi para penyelundup.

 

"Kami mengamankan kurang lebih 170 ribu benih lobster yang disimpan dalam 16 box styrofoam senilai belasan miliar rupiah,” kata Bagus kepada wartawan Senin (20/5/2024).

 

Saat ini, kedua tersangka beserta barang bukti sudah diamankan di Polda Sumsel untuk pemeriksaan lebih lanjut. Mereka akan dijerat dengan UU RI Nomor 31 Tahun 2004 tentang Perikanan, khususnya Pasal 88 jo Pasal 16 ayat (1) dan Pasal 92 jo Pasal 26 ayat (1).

 

Untuk menjaga kelestarian dan kelangsungan hidup, puluhan ribu benih lobster ini langsung dibawa ke perairan Lampung di kawasan Pantai Klara untuk dilepasliarkan kembali ke habitatnya.

 

Bila ada permasalahan dan butuh bantuan Polisi silahkan hubungi :

 

NO BANTUAN POLISI, WA *081370002110*

 

"KAMI SIAP MELAYANI 24 JAM"

Administrator
25 0
Get In Touch

Jl. Jend. Sudirman No.KM.4, RW.5, Pahlawan, Kec. Kemuning, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30151

081370002110

admin@humassumsel@gmail.com

Follow Us
Berita Foto

© TRIBRATANEWS POLDA SUMSEL. All Rights Reserved.