Unit Reskrim Polsek Tungkal Ilir Amankan Salah Satu Pelaku Pencurian Buah Sawit di PT STAL

Banyuasin - Dalam rangka Operasi Sikat 1 Musi 2024 yang dilaksanakan oleh Polres Banyuasin Polda Sumsel sejak 14 hingga 29 Mei, Unit Reskrim Polsek Tungkal Ilir berhasil mengamankan salah satu dari tiga pelaku pencurian buah sawit di PT STAL.

 

Penangkapan ini terjadi setelah aksi pencurian yang dilakukan oleh tiga pelaku, yakni MM, RD, dan IK, yang terjadi pada 14 Januari 2024 sekitar pukul 12.39 WIB di areal kebun kelapa sawit PT STAL Blok G 19, Desa Teluk Tenggang, Kecamatan Tungkal Ilir, Kabupaten Banyuasin.

 

Kapolsek Tungkal Ilir, IPTU Dimas Arbianto Ardinus, S.Tr.K., MH, menjelaskan bahwa para pelaku melancarkan aksinya dengan datang menggunakan dua unit perahu ketek. Mereka kemudian memanen 235 tandan buah kelapa sawit dengan berat rata-rata sekitar 6 kg menggunakan alat panen berupa dodos.

 

"Pada saat buah sawit hendak dipindahkan ke perahu ketek, pelaku dipergoki oleh pihak PT STAL. Ketiga pelaku kemudian menyeburkan diri ke dalam sungai untuk melarikan diri," jelas IPTU Dimas.

 

Barang bukti berupa 235 tandan buah kelapa sawit dan dua unit perahu ketek dibawa oleh pihak PT STAL ke Polsek Tungkal Ilir, yang juga melaporkan kerugian sebesar Rp 2.961.000 (dua juta sembilan ratus enam puluh satu ribu rupiah).

 

Berkat laporan tersebut, Unit Reskrim Polsek Tungkal Ilir segera melakukan penyelidikan. Pada Selasa, 21 Mei 2024 sekitar pukul 17.00 WIB, IPTU Dimas mendapatkan informasi mengenai keberadaan pelaku MM di Dusun Penjait, RT 01 RW 01 Desa Mukut, Kecamatan Pulau Rimau, Kabupaten Banyuasin. Tim opsnal Polsek Tungkal Ilir, yang dipimpin oleh Kanit Reskrim Ipda Benhur Sitinjak, S.H., segera berkoordinasi dengan Polsek Pulau Rimau dan berhasil menangkap MM tanpa perlawanan di rumahnya pada Rabu, 22 Mei 2024.

 

Pelaku MM kini berada di Polsek Tungkal Ilir untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut. Ia terjerat Pasal 363 ayat 1 ke-4 KUHPidana. Sementara itu, dua pelaku lainnya, RD dan IK, masih dalam pencarian pihak kepolisian.

 

Bila ada permasalahan dan butuh bantuan Polisi silahkan hubungi :

 

NO BANTUAN POLISI, WA *081370002110*

 

"KAMI SIAP MELAYANI 24 JAM"

Administrator
19 0
Get In Touch

Jl. Jend. Sudirman No.KM.4, RW.5, Pahlawan, Kec. Kemuning, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30151

081370002110

admin@humassumsel@gmail.com

Follow Us
Berita Foto

© TRIBRATANEWS POLDA SUMSEL. All Rights Reserved.